Kamis, 28 Agustus 2014

Tips Merencanakan Kehamilan yang Sehat dan Aman

cara cepat hamil
Tips merencanakan kehamilan akan sangat berguna untuk diketahui terutama bagi pasangan suami istri yang mendambakan untuk segera memiliki momongan. Kehadiran buah hati dalam sebuah keluarga merupakan salah satu hal yang paling ditunggu-tunggu dan dinantikan. Akan tetapi, tidak semua pasangan mampu memiliki anak segera setelah menikah. Bahkan ada banyak pasangan yang hingga bertahun tahun belum memiliki momongan. Sebab utamanya mungkin dikarenakan oleh faktor kesuburan dari pasangan tersebut, bisa dari salah satu pasangan atau bisa juga dari kedua belah pihak. Akan tetapi, tidak semua kasus tersebut disebabkan oleh masalah kesuburan. Ada pula yang disebabkan oleh
tekhnik yang kkurang tepat saat melakukan hubungan intim.

Utamakan kualitas dan bukan kuantitas
Ada beberapa cara yang dapat dicoba oleh pasangan suami istri yang ingin segera memiliki momongan yang antara lain terdapat dalam tips merencanakan kehamilan berikut. Untuk dapat hamil, yang harus diingat oleh setiap pasangan suami istri dalam berhubungan intim adalah kualitas dan bukannya kuantitas. Maksudnya, melakukan hubungan intim yang terlalu sering justru malah akan membuat kualitas sperma menjadi kurang baik karena sering dikeluarkan. Maka perlu dipilih waktu yang tepat untuk melakukan hubungan intim. Bila perlu, waktu yang dipilih untuk berhubungan intim adalah saat keduanya sama-sama sedang memiliki keinginan yang tinggi serta perlu dihindari waktu berhubungan intim saat salah satu atau anda berdua sedang merasa lelah karena secara tidak langsung keadaan tubuh yang lelah membuat ereksi tidak maksimal sehingga sperma juga kurang lancar dalam melakukan perjalanannya menuju ovum.

Faktor gizi dan psikologis
Selain itu, anda dan pasangan anda harus lebih banyak mengkonsumsi protein dan zat besi yang ada pada kacang-kacangan karena nutrisi tersebut dapat memperbaiki kualitas sperma. Kemudian, untuk pemilihan posisi saat ejakulasi akan terjadi sebaiknya dipilih posisi misionaris atau posisi wanita dibawah. Diusahakan agar saat ejakulasi posisi pantat wanita lebih tinggi daripada perutnya. Hal ini ditujukan agar sperma lebih lancar berjalan menuju ovum. Dalam tips merencanakan kehamilan juga disarankan bahwa dalam melakukan hubungan intim dipilih waktu saat pagi hari karena dipercaya bahwa kualitas sperma saat pagi hari sedang sangat baik.

Yang sangat perlu untuk anda ingat dalam merencanakan kehamilan adalah anda dan pasangan anda harus lebih santai. Karena banyak ditemui kasus bahwa banyak pasangan suami istri yang belum juga mendapat momongan terlebih dalam waktu yang lama mengalami stress. Hal ini juga disebabkan oleh tekanan dari pihak laur juga yang selalu menuntut mereka untuk segera memiliki momongan. Jika anda termasuk pasangan yang mengalami hal ini, maka sebaiknya tuntutan dari luar tersebut tidak anda ambil pusing dan anda dengan pasangan anda harus tetap dapat menikmati usaha yang anda lakukan. Dengan melakukan tips merencanakan kehamilan di atas, semoga usaha anda untuk mendapatkan momongan dapat segera terwujud.
Ada hal penting yang harus dipersiapkan apabila Anda dan pasangan ingin segera punya momongan. Idealnya ini dilakukan 6 bulan sebelum konsepsi.

Berikut 6 jurus merencanakan kehamilan yang sehat seimbang:

1. Perkaya pengetahuan seputar kehamilan, kelahiran dan perawatan bayi dari berbagi sumber seperti buku, majalah, internet.

2. Stop kebiasaan buruk seperti merokok, minum minuman beralkohol, kebiasaan pulang larut malam, stress dan sebagainya.

3. Perhatikan pola makan. Teruskan pola makan sehat seimbang. Intinya cukupi semua kebutuhan zat gizi tubuh yakni karbohidrat, protein, lemak, vitamin dan mineral.

4. Cek kesehatan. Salah satunya lakukan pemeriksaan darah untuk mengetahui apakah dalam tubuh Anda ada virus seperti virus toksoplasma, cytomegalo dan rubella. Penyakit seperti diabetes atau tekanan darah tinggi maupun rendah juga berpengaruh dalam kehamilan.

5. Seimbangkan lahir batin. Pola hidup sehat calon ayah dan ibu membuat seluruh organ tubuh bekerja optimal. Sedangkan batin yang seimbang merupakan jaminan kebahagiaan manusia secara keseluruhan.

6. Siap hadapi berbagai perubahan termasuk fluktuasi kondisi emosi akibat perubahan hormonal. Perubahan hormonal selama hamil akan mempengaruhi kondisi emosi ibu hamil. Calon ayah dan ibu yang telah menyiapkan diri secara emosi akan siap menghadapi masa ini.


Sumber:
http://www.ayahbunda.co.id/Artikel/Prakonsepsi/Gizi+dan+Kesehatan/merencanakan.kehamilan.sehat/001/001/33/1
http://bidanku.com/forum/showthread.php/121-Tips-Merencanakan-Kehamilan-yang-Aman



Tidak ada komentar:

Posting Komentar